News Detail

Hari Sepeda Sedunia 2020: Bersepeda di Masa yang Penuh Tantangan

Sejak 2018, PBB menetapkan 3 Juni sebagai World Bicycle Day atau Hari Sepeda Sedunia di tiap tahunnya. Tahun ini, hari raya pesepeda itu jatuh di tengah masa pandemi Covid-19.

Meski begitu, Union Cycliste International (UCI) tetap menggelar hajatan, walaupun cuma virtual. Bareng Zwift, UCI menggelar riding virtual bareng atlet-atlet top dunia dengan tajuk ‘UCI Zwift Rides’. Acara yang terbuka untuk umum ini diadain biar orang-orang tetep bisa melakukan olahraga favoritnya ini selagi harus tetep di rumah.

Bersepeda di luar rumah mungkin kedengeran seperti ide yang buruk, mengingat kita harus turun ke jalan, papasan sama orang banyak, dan menghirup udara yang kemungkinan besar nggak aman.

Namun begitu, sepeda malah lagi digandrungi sama banyak orang loh! Nggak cuma di Indonesia, tapi juga di negara benua biru seperti Inggris, Prancis, dan Belgia. Bahkan, sebulan belakangan toko-toko sepeda di sana pada dibanjiri pembeli. Kalau kamu bingung, kira-kita, begini alasannya.

1. Sebenarnya, sepeda justru sarana bepergian yang aman

Mengendarai sepeda emang bikin kita turun ke jalanan, bersentuhan dengan udara bebas, dan ketemu sama orang-orang, tapi seperti dilansir dari The Guardian, kemungkinan untuk berdekatan dengan orang lain sebenarnya malah kecil sekali. Bahkan di macetnya lampu merah, kita masih bisa mematuhi social/physical distancing. Karena kita bisa bebas mengatur jarak kita dengan pengendara atau pengemudi lain. Sepeda tentu saja jauh lebih aman daripada transportasi umum. Tapi lain halnya kalo kamu bawa sepeda ke dalem KRL.

2. Bersepeda bisa menjaga kesehatan jasmani kita

Di masa seperti sekarang, olahraga harusnya jadi kewajiban harian untuk merawat otot dan tulang-tulang kita tetap prima mengingat banyaknya rutinitas outdoor kita yang terpotong karena anjuran ‘work from home’ dan ‘di rumah aja’. Bersepeda, yang termasuk olahraga dengan intensitas rendah, bisa jadi opsi yang murah dan mudah diakses untuk menjaga kebugaran jasmani kita.

3. Bersepeda bisa menjaga kesehatan mental kita

Bagi banyak dari kita, terus-terusan di rumah merupakan hal yang melelahkan, membosankan, dan kadang stressful. Belum lagi permasalahan dari dinamika kehidupan kita sebagai insan di negara dunia ketiga. Iya sih, badan di rumah aja, tapi kalo pikiran stress kan tetep aja ngundang macam-macam penyakit. Eits, tenang, dilansir dari CNN Indonesia, hormon endorfin dan dopamin yang dihasilkan ketika kita berolahraga seperti bersepeda bisa membuat mood kita lebih stabil.

4. Menjaga berat badan

Selain menjaga kebugaran jasmani dan psikologis, bersepeda di masa pandemi juga bisa jadi sarana menjaga berat badan. Berkurangnya aktivitas dan kecenderungan buat ngemil-youtubean-ngemil-youtubean waktu ‘di rumah aja’ bisa memicu obesitas. Tetap menggerakkan tubuh dan berolahraga ringan seperti bersepeda tentu bisa menangkal obesitas.

5. Bersepeda adalah bentuk merawat alam

Sepeda merupakan moda transportasi yang ramah lingkungan dan sustainable. Mengingat ia nggak memerlukan bahan bakar fosil, sepeda nggak mengeluarkan polusi yang merusak lingkungan. Jadi, seperti yang dilansir dari Mongabay, olahraga maupun bepergian pakai sepeda bisa dibilang sebagai kegiatan yang merawat lingkungan. Dilansir dari website resminya, ini jugalah alasan kenapa PBB akhirnya menetapkan Hari Sepeda Sedunia.

Nah, setelah tau lima manfaat bersepeda tadi, nggak ada lagi dong alasan buat nggak sepedaan. Minimal muterin komplek atau desa lah. Sekalian belanja, ke warung, atau ke ATM juga nggak apa-apa. Yang penting, jangan lupa jaga jarak, rajin cuci tangan, dan pakai masker biar nggak diomelin warga. Selamat Hari Sepeda Sedunia! Yuk, sepedaan.

 

Virtual juga nggak apa-apa deh, kalau memungkinkan.

 

 

—————————

link:

1) https://m.cnnindonesia.com/olahraga/20200415195429-178-493938/manfaat-bersepeda-di-tengah-wfh-dan-psbb

2) https://www.mongabay.co.id/2020/06/03/kultur-bersepeda-dan-transportasi-era-new-normal/

3) https://www.un.org/en/observances/bicycle-day

4) https://amp.theguardian.com/environment/bike-blog/2020/mar/20/why-not-encourage-cycling-during-the-coronavirus-lockdown