News Detail

Timnas Downhill Sumbang Dua Medali SEA Games untuk Indonesia

Timnas Downhill menambah dua koleksi medali Indonesia dalam gelaran SEA Games 2019 Filipina (2/12). Satu medali perak dari Tiara Prastika di nomor Women Elite, dan satu medali perunggu dari Andy Prayoga di nomor Men Elite.

“Alhamdulillah, race tadi saya lancar maksimal dari start sampai finish. Walaupun ada sedikit kepleset di bawah, tapi masih bisa saya kontrol, dan bisa finish dengan hasil yg menurut saya cukup baik.” ungkap Andy Prayoga.

Kesempatan menjajal track yang relatif sedikit nampaknya menjadi tantangan yang cukup berarti bagi para rider dari timnas Indonesia.

“Kalo pas latihan saya sering jatuh. Karena tracknya super high speed dan saya belum begitu hafal. Sepeda saya laju dan susah ngontrolnya. Tapi alhamdulillah, (pada) latihan ketiga saya (bisa) kontrol dan nemu feelingnya, dan diberi lancar sampai final.” lanjutnya.

Di sisi lain, Tiara Prastika harus mengalami crash di sesi latihan yang mengakibatkan patah tulang pada jari kelingking tangan kirinya. Namun begitu, peraih emas di ajang Asian Games 2018 ini tetap mantap untuk melanjutkan perjuangan.

Di atas lintasan yang mengalungi Laurel, provinsi Batangas itu, Tiara dan Andy musti takluk oleh rider tuan rumah.

Tiara Prastika, dengan capaian waktu 3:16.986, finish di urutan kedua setelah Lea Denise Belgira (3:09.781). Di posisi ketiga ada rider kawakan Thailand, Vipavee Deekaballes, dengan torehan waktu 3:17.607. Sedangkan wakil Indonesia lainnya, Ayu Andriana, finish di posisi kelima dengan waktu 3:21.387. 

Andy Prayoga (2:47.868) finish di belakang dua rider tuan rumah, John Derick Farr (2:41.143) dan Eleazar Barba Jr. (2:42.503). Sementara kamerad timnas Indonesia lainnya, Popo Ario Sejati harus puas duduk di posisi kelima dengan capaian 2:48.577.

Target emas timnas Indonesia mungkin tak kesampaian karena satu dan lain hal. Namun mengingat bagaimana para rider berusaha, taklah pantas bagi kita untuk menyayangkan apa yang terjadi.

Bagi Andy Prayoga, capaian perunggu bahkan sudah cukup baginya untuk bersyukur dan menatap masa depan nan penuh harapan.

“Untuk medali, alhamdulillah saya merasa sangat senang, bahagia, dan bersyukur banget karna ini (kali) pertama saya mengikuti multi event dan bisa dapet medali perunggu. Ya mudah-mudahan ke depannya bisa dapet yang lebih bagus, dan tetap semangat latihan untuk ke depannya.” ungkapnya.